Langkah Mudah Merakit Komputer

Langkah Mudah Merakit Komputer : Seperti yang pernah saya katakan pada tulisan terdahulu, bahwa merakit komputer bukanlah pekerjaan yang sulit. Anda hanya perlu membeli beberapa komponen komputer yang dibutuhkan seperti kesing, power supply, motherboard, processor, monitor, keyboard, RAM, harddisk, serta komponen tambahan lainnya seperti mouse dan CD ROM. Setelah itu, maka langkah selanjutnya yaitu tinggal merakit komponen komputer tersebut.

Langkah Mudah Merakit Komputer

Langkah Mudah Merakit Komputer


Hanya saja, ketika hendak membeli komponen komputer, Anda harus memperhatikan kompatibilitas satu komponen dengan komponen yang lainnya. Yaitu processor, RAM, harddisk, dan VGA harus disesuaikan dengan model motherboard yang telah Anda beli.

Berdasarkan pengalaman saya selama ini, cara merakit komponen komputer yang paling mudah yaitu diawali dengan memasang processor sekaligus heatsink beserta cooling fan ke motherboard, kemudian disusul dengan memasang RAM. Setelah processor dan RAM itu terpasang dengan benar pada slotnya masing-masing, maka selanjutnya yaitu memasang motherboard tadi ke dalam kesing kemudian menguncinya dengan baut. Baut ini mutlak diperlukan agar posisi motherboard dapat tetap pada tempatnya ketika kesing didirikan.

Konektor ATX 20/24 Pin

Konektor ATX 20/24 Pin

Setelah motherboard terpasang dengan benar pada kesingnya, maka langkah selanjutnya yaitu memasang konektor ATX 20/24 pin dan konektor ATX 4 pin ke motherboard. Pada umumnya letak kedua konektor tersebut berada disekitar socket processor.

Langkah berikutnya yaitu memasang kabel power, reset, HDD, LED, dan kabel speaker ke main board, masing-masing terdiri dari dua pin, tiga pin, dan empat pin. Kabel-kabel kecil tersebut tidak lain berasal dari beberapa tombol, lampu indikator, USB, dan audio port yang terdapat dibagian depan kesing komputer.

Langkah perakitan kabel ini pada awalnya memang tampak sangat membingungkan. Namun, pada kenyataannya nanti akan berbeda, karena setiap kabel telah diberi label masing-masing. Untuk kabel power, misalnya, maka disitu akan tertulis ‘Power’. Begitu juga yang tertera di motherboard. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah mencocokkan kabel tersebut kemudian mencolokkannya. Namun begitu, harap Anda melakukannya dengan sangat teliti karena dapat menimbulkan korsleting.

Jika semua kabel telah dirakit dengan benar, maka langkah selanjutnya yaitu memasang harddisk ke tempatnya yang telah disediakan, yaitu pada umumnya terletak didalam kesing bagian depan. Sama halnya dengan motherboard, pemasangan harddisk ini membutuhkan baut agar kedudukannya tidak bergeser. Setelah itu, cari kabel SATA yang terdiri dari 15 pin di power supply, kemudian colokkan ke harddisk. Pasang juga salah satu konektor molex yang terdiri dari empat pin ke harddisk.

Sampai tahap ini proses merakit komponen komputer dapat dianggap sudah selesai. Selanjutnya tinggal menginstall sytem Windows. Untuk belajar lebih dalam mengenai ilmu teknisi laptop dan komputer, silahkan Anda baca tulisan sebelumnya : Belajar Teknisi Laptop Dan PC.
Jika suka, klik tombol ini:


Bookmark and Share
Comment 0 komentar
Facebook komentar

Tambahkan Komentar

Berlangganan Artikel (GRATIS)

Total Pembaca Setia PCkuOnline.com

Artikel Teratas Minggu Ini

Tulisan Terbaru

Partner

Langkah Mudah Merakit Komputer

Belajar Teknisi Laptop Dan PC: Langkah Mudah Merakit Komponen Komputer Sendiri



Hak Cipta ©2014 PCkuOnline.com
Ditulis oleh | Diberdayakan oleh Blogger
Alamat: Cibogo, RT 002 RW 009 Kel. Argasunya Kec. Harjamukti Cirebon HP: 081546444345 BB: 5B25BF4B