Cara Backup Driver Windows 7 Tanpa Software

Cara Backup Driver Windows 7 Tanpa Software: Ketika kita menginstall ulang Windows, maka kita akan kehilangan driver-driver yang telah terinstall sebelumnya(1). Dengan demikian, maka kita juga harus menginstall ulang driver secara satu persatu setelah kita berhasil menginstall Windows di PC kita termasuk driver VGA, dan hal itu lumayan melelahkan juga.

Cara Backup Driver Windows 7 Tanpa Software

Cara Backup Driver Windows 7 Tanpa Software

Oleh karena itu, tidak sedikit teknisi PC/ laptop yang berusaha mem-backup driver sebelum memformat hard disk dan menginstall ulang Windows ke dalamnya. Hal itu dimaksud agar mereka tidak perlu lagi repot-repot menginstall ulang driver secara satu per satu setelahnya. Cukup dengan mengembalikan driver-driver yang telah di backup tersebut ke direktori sebelumnya.

Lazimnya, backup driver dilakukan dengan bantuan software pihak ketiga, antara lain menggunakan DriverMax. Meski begitu, sebenarnya ada cara untuk mem-backup driver yang telah terinstall di Windows 7 tanpa menggunakan software tambahan, yaitu dengan cara copy-paste dari direktori driver ke tempat lain yang lebih aman misalnya CD, flashdisk, atau hard disk external. Adapun cara backup driver dengan copy-paste dapat diikuti dengan step-by-step berikut ini:

1# Masuk Start menu disudut kiri bawah

2# Ketik ‘windows explorer’ pada kotak Search programs and files kemudian tekan enter pada keyboard.

3# Setelah itu kita menuju sebuah direktori dimana Windows di install sebelumnya, yaitu biasanya berada di c:\windows.

4# Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju direktori System32 yang berada dibawah folder Windows tersebut diatas. Tujuannya tidak lain yaitu mencari folder yang berisi berbagai driver yang telah terinstall.

5# Setelah Anda berada di System32, maka carilah folder drivers dan DriverStore. Copy lalu paste kedua folder tersebut ke tempat yang lebih aman baik itu berupa flashdisk, CD, atau ke media penyimpanan lainnya.

Cara Backup Driver Windows 7 Tanpa Software

6# Untuk lebih aman, copy semua file dan folder yang terdapat didalam folder System32 tersebut. Sebaiknya copy juga folder inf, serta folder SysWOW64 bagi Anda yang menggunakan Windows 7 64 bit.

Cara Backup Driver Windows 7 Tanpa Software

Cara Backup Driver Windows 7 Tanpa Software

Demikian cara backup driver seperti yang saya lakukan di Windows 7 Ultimate 64 bit(2). Memang cara ini sedikit lebih rumit dibanding backup driver menggunakan tool tambahan. Bagi Anda yang ingin mem-backup driver menggunakan tool khusus namun belum memilikinya, silahkan download melalui link dibawah ini. Selain untuk mem-backup driver, tool dibawah ini juga dapat digunakan untuk update driver.


Video Cara Update Driver Tanpa Doftware


  1. Double Driver (2,06 MB)
  2. SlimDrivers (958,71 KB)
  3. DriverMax (5,51 MB)
  4. DriverBackup! (536,8 kB)
  5. Driver Magician (4,27 MB)
  6. DriverPack Solution (2,0 MB)


(1) Hanya jika dilakukan fresh/ clean installation
(2) Cara diatas dapat pula diaplikasikan pada Windows 7 versi lainnya, dan juga pada Windows XP. Tentu ada sedikit perbedaan.
Jika suka, klik tombol ini:


Bookmark and Share
Comment 0 komentar
Facebook komentar

Tambahkan Komentar

Berlangganan Artikel (GRATIS)

Total Pembaca Setia PCkuOnline.com

Artikel Teratas Minggu Ini

Tulisan Terbaru

Ikuti Aku

Partner

Cara Backup Driver Windows 7 Tanpa Software

Cara mudah membackup driver di Windows 7 tanpa menggunakan software. Dilengkapi dengan video tutorial



Hak Cipta ©2014 PCkuOnline.com
Ditulis oleh | Diberdayakan oleh Blogger
Alamat: Cibogo, RT 002 RW 009 Kel. Argasunya Kec. Harjamukti Cirebon HP: 081546444345 BB: 5B25BF4B