Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP : Mungkin Anda pernah mengalami, suatu ketika Anda sedang bekerja dengan komputer, tiba-tiba komputer restart sendiri atau hang tanpa sebab. Atau, suatu ketika Anda hendak menghidupkan komputer, tetapi komputer tidak mau booting. Hal itu dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yaitu disebabkan oleh harddisk bad sector, yang mengakibatkan system tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP

Harddisk bad sector sendiri dapat diakibatkan oleh banyak hal pula, salah satunya, yang paling sering dijumpai, yaitu akibat komputer pernah mati mendadak tanpa melalui shut down, misalnya karena mati lampu atau karena ketidak-fahaman pengguna komputer itu sendiri (human error), sehingga ia mematikan komputer tanpa melalui prosedur shut down, misalnya langsung mencabut kabel power selagi komputer masih hidup.

Untuk dapat memperbaiki harddisk bad sector, Anda tidak memerlukan software tambahan, apalagi sampai harus membawanya ke tukang service komputer, karena setiap Windows, baik itu Windows 98, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8, pada dasarnya telah dilengkapi dengan sebuah tool khusus yang berguna untuk memperbaiki harddisk bad sector, dan Anda dapat memperbaikinya sendiri dirumah, tanpa perlu melibatkan orang lain.

Berikut ini cara memperbaiki harddisk bad sector menggunakan tool bawaan Windows XP :

1# Start >> My Computer

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP Tahap 1

2# Klik kanan mouse, kemudian pilih Properties pada harddisk yang mengalami masalah bad sector. Dalam hal ini saya memilih drive (C:)

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP Tahap 2

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP Tahap 3

3# Setelah window Properties muncul, pilih tab Tools yang terdapat dibagian paling atas, sehingga muncul menu Error checking, Defragmentation, dan Backup. Oleh karena kita akan memperbaiki harddisk bad sector, maka yang kita pilih adalah tombol Check Now... yang terdapat dibawah menu Error checking tersebut.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP Tahap 4

4# Setelah itu, akan muncul lagi window baru bernama Check Disk Local Disk (C:). Dibawah Check disk options, ada tulisan Automatically fix file system errors dan Scan for and attempt recovery of bad sectors. Beri centang pada keduanya, kemudian tekan tombol Start dibawahnya.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP Tahap 5

5# Akan muncul window alert yang menjelaskan bahwa cara ini membutuhkan akses khusus ke beberapa file Windows didalam harddisk. Maka, pada tahap ini Anda harus menekan tombol Yes untuk memperbaiki harddisk bed sector.

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP Tahap 6

6# Langkah selanjutnya, tutup semua program yang terbuka, kemudian restart komputer Anda seperti biasanya.

7# Pada saat start, komputer akan melakukan scan disk, memperbaiki harddisk bad sector secara menyeluruh. Biarkan proses tersebut sampai benar-benar selesai. Setelah proses scan disk selesai, maka komputer akan masuk ke Windows dengan sendirinya, dan Anda dapat menggunakan komputer seperti biasa.

8# Proses perbaikan harddisk bad sector selesai.

Demikian cara memperbaiki harddisk bad sector di Windows XP. Semoga bermanfaat.
Jika suka, klik tombol ini:


Bookmark and Share
Comment 3 komentar
Facebook komentar

HDD ane udah smart bad gimana yah?

wah, kalo hdd udah gitu harus pake tool khusus mas. Tapi biasanya sih kalo udah gitu gak tahan lama, dan emang udah saatnya diganti :)

Mungkin nati, pas ada waktu, saya tulis mengenai cara perbaikan hdd seperti itu.. :)

obyek wisata bali delete Mei 19, 2015

keren informasinya omm, trims :)

Tambahkan Komentar

Berlangganan Artikel (GRATIS)

Total Pembaca Setia PCkuOnline.com

Artikel Teratas Minggu Ini

Tulisan Terbaru

Partner

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP

Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector Di Windows XP. Belajar memperbaiki komputer error akibat harddisk bad sector dengan tool bawaan Windows.



Hak Cipta ©2014 PCkuOnline.com
Ditulis oleh | Diberdayakan oleh Blogger
Alamat: Cibogo, RT 002 RW 009 Kel. Argasunya Kec. Harjamukti Cirebon HP: 081546444345 BB: 5B25BF4B