Cara Memperbaiki Komputer BlackScreen

Cara Memperbaiki Komputer BlackScreen: Komputer blackscreen ialah kondisi suatu komputer/ laptop dimana ia hanya menampilkan layar hitam serta kursor mouse saat PC/ komputer telah selesai logon. Berbeda dengan error lainnya, seperti bluescreen misalnya, masalah komputer blackscreen umumnya tidak menampilkan pesan error sama sekali. Sehingga tidak sedikit teknisi pemula yang merasa bingung ketika hendak memperbaiki masalah komputer blackscreen tersebut.

Cara Memperbaiki Komputer BlackScreen

Cara Memperbaiki Komputer BlackScreen

Komputer blackscreen umumnya ditemukan di Windows 7 dan Windows 8. Sejauh ini saya belum pernah mengalami masalah komputer blackscreen baik di Windows XP, Vista, maupun di Windows 2000. Adapun masalah komputer blackscreen sendiri umumnya terjadi disebabkan oleh beberapa hal, antara lain dan yang paling sering yaitu disebabkan oleh virus yang telah bersarang dan menyebar pada suatu komputer.


Untuk dapat memperbaiki komputer blackscreen, seorang teknisi harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab masalah tersebut. Namun begitu, pada dasarnya komputer BlackScreen terjadi akibat file explorer.exe tidak berjalan dengan semestinya ketika komputer logon. Hal itu bisa dikarenakan ada beberapa registry yang terhapus ketika Anda membersihkan komputer dengan sebuah tool, misalnya dengan CCleaner. Atau, bisa juga file explorer.exe itu sendiri yang terhapus.

Baca: Cara Mudah Memperbaiki Komputer Tidak Mau Booting

Apabila komputer/ laptop Anda mengalami masalah blackscreen, Anda tidak perlu khawatir. Cobalah beberapa tips berikut ini. Siapa tahu Anda dapat memperbaikinya sendiri tanpa bantuan seorang teknisi laptop:

1. Periksa file explorer.exe
Bisa saja komputer Anda blackscreen akibat file explorer.exe yang berada di direktori Windows terhapus. Untuk mengetahuinya, coba Anda jalankan file tersebut menggunakan fitur Run pada Task Manager. Adapun caranya, tekan CTRL + ALT + Del. Kemudian pilih File > New Task (Run..). ketikkan “explorer.exe” tanpa tanda kutip pada kotak dialog kemudian tekan Enter. Jika hasilnya file explorer.exe tersebut tidak ditemukan, Anda dapat mencari dan mendownloadnya di internet.


2. System Restore
Gunakan fitur System Restore bawaan Windows untuk memulihkan komputer/ laptop Anda dari masalah blackscreen. Caranya, restart komputer kemudian tekan F8 pada keyboard saat komputer melakukan proses booting. Pilih Advance Boot Option kemudian pilih Repair your Computer. Selanjutnya pilih System Restore. Disitu Anda dapat memilih restore point berdasarkan tanggal dibuatnya. Pilih restore point yang dibuat saat komputer dalam keadaan normal. Selanjutnya ikuti instruksi yang diberikan sampai proses selesai.


Demikian cara memperbaiki komputer blackscreen. Sejauh ini saya selalu berhasil memperbaiki komputer blackscreen dengan salah satu dari kedua cara diatas.
Jika suka, klik tombol ini:


Bookmark and Share
Comment 0 komentar
Facebook komentar

Tambahkan Komentar

Berlangganan Artikel (GRATIS)

Total Pembaca Setia PCkuOnline.com

Artikel Teratas Minggu Ini

Tulisan Terbaru

Ikuti Aku

Partner

Cara Memperbaiki Komputer BlackScreen

Tutorial cara memperbaiki komputer atau laptop yang mengalami masalah BlackScreen



Hak Cipta ©2014 PCkuOnline.com
Ditulis oleh | Diberdayakan oleh Blogger
Alamat: Cibogo, RT 002 RW 009 Kel. Argasunya Kec. Harjamukti Cirebon HP: 081546444345 BB: 5B25BF4B