Apa Itu Motherboard/ Mainboard

Motherboard atau mainboard, juga biasa dikenal dengan istilah mobo – adalah sebuah papan induk yang terdapat pada sebuah PC (Personal Computer) yang berfungsi sebagai pemersatu antara satu komponen dengan komponen yang lainnya sehingga komponen-komponen yang terhubung ke motherboard seperti halnya processor, VGA (Video Graphics Array), sound card dan lain sebagainya dapat berjalan secara beriringan sesuai fungsinya masing-masing.

Apa Itu Motherboard/ Mainboard
Apa Itu Motherboard/ Mainboard

Oleh karena fungsi motherboard sebagai pemersatu antara satu komponen dengan komponen yang lainnya, maka pada sebuah motherboard/ mainboard/ mobo terdapat sebuah socket, slot dan port yang memiliki bentuk, ukuran serta fungsi berbeda. Berikut beberapa socket, slot serta port untuk memasang komponen (hardware) utama sebuah PC:

  • Power Supply (PS)
  • VGA (Video Graphics Array)
  • IDE/ ATA/ SATA
  • Audio
  • Keyboard, dan
  • Mouse

CPU/ Processor - Apa Itu Motherboard/ Mainboard
Pada sebuah motherboard PC terdapat suatu sistem dasar yang disebut BIOS (Basic Input/ Output System) yang berfungsi sebagai tempat menyimpan konfigurasi seluruh komponen PC yang telah tersambung. Pada saat komputer dinyalakan, maka konfigurasi yang tersimpan dimemori BIOS-lah yang akan menjadi acuannya. Dengan kata lain, sebuah PC (Personal Computer) akan berjalan sesuai pengaturan yang tersimpan didalam BIOS. Seperti proses booting, pengaturan waktu dan lain sebagainya.

INFO: Untuk Anda yang ingin belajar teknisi laptop dan komputer, baik itu cara merakit, memperbaiki kerusakan, atau cara menginstall Windows pada PC/ komputer/ laptop, silahkan beli dan download ebook teknisi komputer dengan paket diskon sehingga harga ebook teknisi komputer lebih murah dibanding Anda membelinya secara eceran. Paket diskon ebook teknisi komputer ini terdiri dari 6 ebook teknisi komputer masing-masing berjudul: Panduan Teknisi PC, Panduan Teknisi Laptop, Motherboard PC Repair, Jaringan Komputer, LCD TV Repair, dan Panduan Memperbaiki Motherboard Laptop. Dapatkan ebook teknisi komputer paket diskon + bonus ebook lainnya. Klik tombol Dwnload Now dibawah untuk mendapatkannya. Segera, promo ini terbatas!

Download Ebook Teknisi Komputer Sekarang
Jika suka, klik tombol ini:


Bookmark and Share
Comment 0 komentar
Facebook komentar

Tambahkan Komentar

Berlangganan Artikel (GRATIS)

Total Pembaca Setia PCkuOnline.com

Artikel Teratas Minggu Ini

Tulisan Terbaru

Partner

Apa Itu Motherboard/ Mainboard

Pengetahuan dasar motherboard/ mainboard/ mobo sebuah PC (Personal Computer) dan fungsinya



Hak Cipta ©2014 PCkuOnline.com
Ditulis oleh | Diberdayakan oleh Blogger
Alamat: Cibogo, RT 002 RW 009 Kel. Argasunya Kec. Harjamukti Cirebon HP: 081546444345 BB: 5B25BF4B