Pengertian RAM Dan Perkembangannya

Pengertian RAM Dan Perkembangannya
RAM adalah kependekan dari Random Accsess Memory. Yaitu salah satu komponen penting dalam sebuah PC (Personal Komputer) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. RAM berisi data-data software yang sedang dioperasikan pada sebuah komputer. Data yang terdapat didalam sebuah RAM dapat diakses dengan sangat cepat dan tepat karena tidak mempertimbangkan struktur letak data didalamnya.


SAM atau Serial Accsess Memory sebaliknya RAM, dimana SAM menyimpan data didalmya secara berurutan/ seri dan diakses secara seri pula. Sistem akan membaca semua sel yang ada didalam SAM untuk dapat menemukan data yang dicarinya, sehingga proses tulis-baca pada SAM lebih lambat dibanding RAM.

RAM pertama kali diperkenalkan pada era 60-an. Robert H. Denard menemukannya pada tahun 1968 saat ia bekerja di International Business Machines (IBM). Namun pada saat itu RAM masih jarang digunakan karena harganya sangat mahal, sehingga penggunaan memori utama magnetik diera 60-an lebih umum dibanding RAM.

RAM dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan. Baik dari segi fisik maupun kapasitasnya. RAM generasi pertama mempunyai slot tiga puluh pin serta membutuhkan daya sekitar 5.0 volt untuk bisa berjalan pada frekuensi 4,77 MHz.

Pada tahun 1970 IBM menciptakan Dynamic Random Access Memory (DRAM) yang mempunyai frekuensi kerja berfariasi mulai dari 4,77MHz sampai frekuensi 40MHz.

Pada tahun 1987 kemudian ditemukan FPM DRAM atau Fast Page Mode DRAM yang bekerja pada frekuensi 16MHz – 60MHz. Disusul kemudian oleh Kingston yang berhasil menciptakan SDRAM pada tahun 1997. SDRAM bekerja pada frekuensi 66MHz dengan hanya membutuhkan tegangan sebesar 3,3 volt saja.

Ditahun 1999 Rambus menemukan sistem memori yang dinamai Direct Rambus Random Access Memory (DR RAM). DR RAM bekerja pada frekuensi 800MHz dengan hanya membutuhkan tegangan 2,5 volt. Satu tahun kemudian tepatnya pada tahun 2002 Crucial mengembangkan SD RAM sehingga memiliki kecepatan dua kali lipat dari sebelumnya. Hasil pengembangan ini kemudian dinamai Double Data Rate Synchronouse Dynamic Random Access Memory atau disingkat menjadi DDR SDRAM.

Bersambung....

INFO: Untuk Anda yang ingin belajar teknisi laptop dan komputer, baik itu cara merakit, memperbaiki kerusakan, atau cara menginstall Windows pada PC/ komputer/ laptop, silahkan beli dan download ebook teknisi komputer dengan paket diskon sehingga harga ebook teknisi komputer lebih murah dibanding Anda membelinya secara eceran. Paket diskon ebook teknisi komputer ini terdiri dari 6 ebook teknisi komputer masing-masing berjudul: Panduan Teknisi PC, Panduan Teknisi Laptop, Motherboard PC Repair, Jaringan Komputer, LCD TV Repair, dan Panduan Memperbaiki Motherboard Laptop. Dapatkan ebook teknisi komputer paket diskon + bonus ebook lainnya. Klik tombol Dwnload Now dibawah untuk mendapatkannya. Segera, promo ini terbatas!

Download Ebook Teknisi Komputer Sekarang
Jika suka, klik tombol ini:


Bookmark and Share
Comment 2 komentar
Facebook komentar

Mas Minta Alamat Emailnya...

@Ryan: Monggo.

ghufron21@gmail.com. Atau liat diprofil fb saya aja: facebook.com/ghufroen

Terimakasih atas kunjungannya :)

Tambahkan Komentar

Berlangganan Artikel (GRATIS)

Total Pembaca Setia PCkuOnline.com

Artikel Teratas Minggu Ini

Tulisan Terbaru

Partner

Pengertian RAM Dan Perkembangannya

Sejarah Random Access Memory (RAM) Serta Perkembangannya



Hak Cipta ©2014 PCkuOnline.com
Ditulis oleh | Diberdayakan oleh Blogger
Alamat: Cibogo, RT 002 RW 009 Kel. Argasunya Kec. Harjamukti Cirebon HP: 081546444345 BB: 5B25BF4B