Tips Sebelum Membeli Motherboard Second/ Bekas

Tips Sebelum Membeli Motherboard Second/ Bekas
Memilih motherboard bekas dibanding motherboard baru mempunyai beberapa alasan, salah satunya karena harga. Harga motherboard second/ bekas lebih murah dibanding motherboard baru, sehingga bisa lebih menghemat biaya. Namun jangan asal murah karena jika kurang jeli saat akan membeli motherboard bekas, bisa-bisa jatuhnya lebih boros karena harus service, dan bahkan bisa membeli motherboard lagi karena motherboard sebelumnya mati total.


Berikut ini tips khusus untuk Anda yang berniat membeli motherboard second/ bekas untuk PC/ komputer kesayangan Anda agar nantinya tidak salah membeli motherboard bekas:

  • Sebelum membeli motherboard bekas, tentukan dulu untuk keperluan apa komputer yang akan diganti motherboardnya, sehingga nantinya spesifikasi motherboard sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika komputer untuk keperluan bermain game atau desain grafis, maka harus memilih motherboard dengan spesifikasi tinggi.

  • Pilih motherboard bekas dari produsen terkenal/ terpercaya seperti ASUS, Gigabyte, Biostar, MSI, EVGA, dan merk-merk lainnya. Karena jika dari produsen asal-asalan, jangankan yang bekas, motherboard barunya pun tidak akan bertahan lama.

  • Periksa fisik motherboard bekas yang akan Anda beli. Pastikan tidak ada bagian yang gosong atau bau hangus. Gosong atau bau hangus pada motherboard bekas menandakan bahwa motherboard tersebut pernah terbakar, atau minimal mengeluarkan panas berlebih saat digunakan. PCkuOnlineCom sangat tidak merekomendasikan motherboard second dalam kondisi demikian.

  • Pastikan tidak terdapat komponen yang menggelembung pada motherboard bekas. Umumnya ditemukan pada salah satu elko. Berdasarkan pengalaman PCku Online, meskipun saat dicoba berjalan baik, namun biasanya usia pakai motherboard dalam kondisi seperti ini tidak akan lama.

  • Amati pula apakah ada bekas solderan tangan pada salah satu komponen motherboard seken yang akan dibeli. Biasanya hasil solderan tangan tidak serapih solderan pabrik. Itu artinya motherboard tersebut pernah rusak sehingga dilakukan penggantian komponen.

  • Periksa semua port dan slot penting yang terdapat pada motherboard second seperti memori, ATA/ SATA, audio (I/O), PS/2, VGA, PCI dan port/ slot lainnya. Terkadang ada pin yang potong pada salah satu konektor motherboard bekas. Pastikan semuanya berjalan dengan baik sesuai fungsinya masing-masing.

    Tips Sebelum Membeli Motherboard Second/ Bekas
    Port Motherboard Gigabyte
    • Setelah semuanya tampak bagus, maka hal yang paling penting adalah mencobanya, dengan cara merakit motherboard bekas kemudian menyalakannya. Pastikan semuanya berjalan normal. Percuma saja jika fisik motherboard seken tersebut tampak bagus akan tetapi ada keganjilan saat dicoba.

    • Pastikan BIOS dapat menyimpan setting/ pengaturan. Masalah BIOS tidak dapat menyimpan setting sering ditemukan pada motherboard bekas. Untuk mencobanya mudah saja. Coba atur jam dan tanggal, setelah itu matikan PC. Jika setelah dinyalakan kemudian jam kacau lagi, berarti BIOS tidak dapat menyimpan setting.
    Namun tidak jarang pula BIOS tidak dapat menyimpan setting dikarenakan batu BIOS sudah habis. Jadi, coba ganti batu dulu dengan yang baru, jika masih tetap tidak dapat menyimpan setting, maka sudah dapat dipastikan BIOS bermasalah. PCku Online tidak menyarankan motherboard bekas dengan keadaan BIOS seperti ini.

    • Jangan lupa, sebelum membawa pulang motherboard bekas, mintalah garansi pada si penjual. Bila memungkinkan, cari motherboard bekas yang masih bergaransi resmi dari pabriknya. Keuntungannya kita bisa mengklaim garansi apabila ada kerusakan dikemudian hari, dan menukarnya dengan motherboard yang baru.

    Demikian tips membeli motherboard bekas, semoga bermanfaat.  Jika ada tambahan, jangan sungkan untuk menulisnya dikotak komentar dibawah ini. Terimakasih atas kunjungan Anda di PCku Online.

    INFO: Untuk Anda yang ingin belajar teknisi laptop dan komputer, baik itu cara merakit, memperbaiki kerusakan, atau cara menginstall Windows pada PC/ komputer/ laptop, silahkan beli dan download ebook teknisi komputer dengan paket diskon sehingga harga ebook teknisi komputer lebih murah dibanding Anda membelinya secara eceran. Paket diskon ebook teknisi komputer ini terdiri dari 6 ebook teknisi komputer masing-masing berjudul: Panduan Teknisi PC, Panduan Teknisi Laptop, Motherboard PC Repair, Jaringan Komputer, LCD TV Repair, dan Panduan Memperbaiki Motherboard Laptop. Dapatkan ebook teknisi komputer paket diskon + bonus ebook lainnya. Klik tombol Dwnload Now dibawah untuk mendapatkannya. Segera, promo ini terbatas!

    Download Ebook Teknisi Komputer Sekarang
    Jika suka, klik tombol ini:


    Bookmark and Share
    Comment 1 komentar
    Facebook komentar

    Nice Tips..

    mampir juga gan di >> Infostore lihat barang elektronik berkualitas.

    Tambahkan Komentar

    Berlangganan Artikel (GRATIS)

    Total Pembaca Setia PCkuOnline.com

    Artikel Teratas Minggu Ini

    Tulisan Terbaru

    Ikuti Aku

    Partner

    Tips Sebelum Membeli Motherboard Second/ Bekas

    Tips Membeli Motherboard Second/ Bekas, Tips Motherboard Seken, Kiat Membeli Motherboard Bekas, Harga Motherboard Bekas



    Hak Cipta ©2014 PCkuOnline.com
    Ditulis oleh | Diberdayakan oleh Blogger
    Alamat: Cibogo, RT 002 RW 009 Kel. Argasunya Kec. Harjamukti Cirebon HP: 081546444345 BB: 5B25BF4B