Pengertian Central Processing Unit Dan Bagian-Bagian CPU

Pengertian Central Processing Unit Dan Bagian-Bagian CPU
Pengertian Dan Bagian-Bagian CPU: CPU (Central Processing Unit) atau kalau dialih-bahasakan ke dalam bahasa Indonesia menjadi PSU (Unit Pemroses Sentral) merupakan salah satu komponen/ hardware utama dalam sebuah komputer/ laptop/ notebook yang tidak kalah pentingnya dibanding motherboard. CPU/ Processor bertugas melaksanakan perintah dan data dari sebuah software (perangkat lunak) yang terdapat pada komputer tersebut. Oleh karena itu, CPU/ Processor juga dianggap sebagai otak sebuah komputer/ PC dan memiliki bagian-bagian yang berbeda.

Bagian-Bagian CPU

Dalam sebuah CPU (Central Processing Unit )/ processor terdapat beberapa bagian-bagian utama yang memiliki fungsi berbeda seperti Unit Control, Register, ALU dan CPU Interconnections. Adapun detail dari masing-masing komponen CPU/ processor tersebut dapat Anda simak pada paragraf berikutnya:

1# Unit Control: Bagian ini tugasnya tidak lain untuk mengatur jalannya suatu program. Salah satu fungsi Unit Control ialah mengambil data/ instruksi dari memori utama, memprosesnya, dan kemudian menyimpan hasil proses tadi ke memori tersebut. Juga apabila ada perhitungan aritmatika, maka Unit Control akan mengirimkan instruksi ke ALU.

2# Register: Berfungsi sebagai tempat penyimpanan (memori) kecil yang memiliki kecepatan akses sangat tinggi. Memori tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara instruksi dan data yang masih dalam tahap pemrosesan.

3# ALU: Tugasnya ialah sebagai pelaku utama dalam operasi logika dan aritmatika berdasarkan instruksi program. ALU mempunyai dua bagian, yakni unit logika boolean dan unit aritmatika, yang mana masing-masing dari keduanya mempunyai spesifikasi tugas yang berbeda. Oleh karena itu, ALU kadang juga disebut sebagai ‘mesin bahasa’.

#4 CPU Interconnections: Namanya agak panjang karena memang ia merupakan sistem penghubung (connection) dan bus yang menghubungkan bagian-bagian internal sebuah CPU, yakni Register, ALU, dan Unit Control

(Diolah dari berbagai sumber)

INFO: Untuk Anda yang ingin belajar teknisi laptop dan komputer, baik itu cara merakit, memperbaiki kerusakan, atau cara menginstall Windows pada PC/ komputer/ laptop, silahkan beli dan download ebook teknisi komputer dengan paket diskon sehingga harga ebook teknisi komputer lebih murah dibanding Anda membelinya secara eceran. Paket diskon ebook teknisi komputer ini terdiri dari 6 ebook teknisi komputer masing-masing berjudul: Panduan Teknisi PC, Panduan Teknisi Laptop, Motherboard PC Repair, Jaringan Komputer, LCD TV Repair, dan Panduan Memperbaiki Motherboard Laptop. Dapatkan ebook teknisi komputer paket diskon + bonus ebook lainnya. Klik tombol Dwnload Now dibawah untuk mendapatkannya. Segera, promo ini terbatas!

Download Ebook Teknisi Komputer Sekarang
Jika suka, klik tombol ini:


Bookmark and Share
Comment 1 komentar
Facebook komentar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Tambahkan Komentar

Berlangganan Artikel (GRATIS)

Total Pembaca Setia PCkuOnline.com

Artikel Teratas Minggu Ini

Tulisan Terbaru

Partner

Pengertian Central Processing Unit Dan Bagian-Bagian CPU

Pengertian Central Processing Unit Dan Bagian-Bagian CPU



Hak Cipta ©2014 PCkuOnline.com
Ditulis oleh | Diberdayakan oleh Blogger
Alamat: Cibogo, RT 002 RW 009 Kel. Argasunya Kec. Harjamukti Cirebon HP: 081546444345 BB: 5B25BF4B